Selasa, 30 Oktober 2012

Modifikasi Jimny Offroad

Memiliki kendaraan yang handal di berbagai keadaan jalan tentu saja merupakan sebuah keinginan setiap pemakai kendaraan .

Namun tentu saja hal itu sangat susah tercapai jikala keinginan kita agar memodifikasi onroad dan offroad harus terasa nyaman dan handal,sebab jikala kita menginginkan kendaraan nyaman onroad atau di jalanan mulus tapi di satu sisi kadang harus mengeluh ketika kita terpaksa harus berada di area jalan yang jelek bahkan jalanan semi offroad.

Saya sendiri sangat memimpikan memiliki kendaraan yang irit BBM enak di kendarai di jalanan yang bagus namun memiliki kemampuan jelajah dimedan tanah maupun jalanan Lumpur sekalipun.


Sejak lama saya melirik beberapa kendaraan yang dimodifikasi dan memiliki penggerak 4×4 yang menurut saya sesuai untuk beberapa medan yang kadang harus saya lalui dalam aktifitas pekerjaan maupun keseharian, tentu saja banyak factor yang jadi pertimbangan dalam memilih kendaraan 4×4 yang pertama tentu saja adalah handal di antara dua medan serta irit BBM  serta memiliki harga yang relative terjangkau.

Dari beberapa factor tersebut akhirnya saya meminang SJ 410 suzuki jimny type 410 yang katana jumbo memiliki mesin type f 10 A dengan 4 silinder dan memiliki kapasitas mesin 970 cc, memang relative kecil kapasitas mesin nya namun kelebihan kendaraan ini adalah memiliki berat kendaraan yang relative ringan serta memiliki rasio perbandingan gigi yang lumayan bagus.

Modifikasi Jimny SJ 410 yang saya miliki memang unik sejarahnya karena kendaraan tersebut memiliki body asli kanvastop yang mengalami perubahan penggantian body katana GX jumbo karena pemakai sebelum saya tidak menyukai type jip kanvastop maka ia merenovasi jip tersebut menjadi memiliki body Katana .
Saat saya membelinya pun wajah serta keseluruhan dandanan mobil tersebut adalah katana jumbo lengkap dengan dashboard serta jok milik katana hanya saja garden depan tidak mengalami perubahan hanya di lepas kopel yang menghubungkan dari transfer case ke gardan depan.

Awal memiliki Suzuki Jimny SJ 410 waktu itu saya sedang mengerjakan project Tower Seluler Telkomsel yang berlokasi di Sumatra Selatan yang memiliki medan jalanan tanah cukup banyak maka saya memutuskan untuk membawanya kesana sebagai kendaraan oprasional di samping mobil panther saya.Ketertarikan saya dimulai dari sini untuk sedikit demi sedikit Modifikasi Jimny mendandani kendaraan ini agar memiliki fungsi jelajah yang lumayan baik.

Diawali dengan memasang kembali as kopel depan serta memfungsikan tuas 4×4 kemudian saya mengganti roda kendaraan tersebut dengan ban AT merk achiles 235 R 15 dengan maksud agar enak dikendarai di jalan halus dan jalan tanah.

 Memodif Jimny Offroad ini berawal dari iseng dengan teman teman sekembali nya dari Sumatra saya mengikuti perjalanan Adventure yang mengakibatkan beberapa per saya patah  serta mengalami kerusakan pada shock absorber saya yang masih standar bawaan jimny kemudian akhirnya saya pun merubah serta memperbaikinya sedikit demi sedikit hingga akhirnya mengalami banyak perubahan termasuk memotong body dan mengembalikan sesuai dengan aslinya .

Hingga sekarang kendaraan tersebut sudah banyak sekali mengalami evolusi yang jauh berbeda dari semula . mulai dari pangkas body kemudian perombakan suspensi , kampaskopling, pemasangan roolbar , motor winch serta merubah header menjadi 4.2.1 READMORE>>