Makin maraknya gelaran kompetisi offroad di Tanah air, nyatanya mampu memancing sejumlah kalangan dari berbagai profesi maupun tingkat usia, ingin turun langsung menikmati panasnya suasana persaingan. Tentu spesifikasi jip dan kelihaian driver menjadi modal para pelaku-pelaku baru untuk bisa bersaing.
Dia adalah Kompol Dessy Ismail SIK, Wakapolres Payakumbuh yang mulai keranjingan ber-offroad ria. Dipilihnya Suzuki Jimny LJ80V 1982 alias Jimny Jangkrik sebagai andalan tempur tentu bukan tanpa alasan. Selain dimensi yang mungil, biaya risetnya juga lebih irit, papar pria asal Klaten ini.
Jimny ini dibeli memang untuk dibangun sebagai kendaraan kompetisi ,ujarnya. Tak heran begitu didapat, sejumlah rombakan dilakukan, bodi asli dipaksa pensiun. Dimensi pun dibuat semakin ringkas.
Spesifikasi mesin dan kaki-kaki saya biarkan standar dulu. Memang tujuan saya turun di event perdana ini untuk menjajal kemampuan maksimal jip ini dulu, jadi kekurangannya nanti akan disempurnakan lagi, begitu alasannya. Masuk akal.
Spesifikasi mesin dan kaki-kaki saya biarkan standar dulu. Memang tujuan saya turun di event perdana ini untuk menjajal kemampuan maksimal jip ini dulu, jadi kekurangannya nanti akan disempurnakan lagi, begitu alasannya. Masuk akal.
Menuai hasil yang kurang optimal di event Lintang Enam Singa Harau Extreme Offroad 2011, tidak lantas membuatnya jera. Sejumlah rencana telah disusunnya matang untuk menghadapi event-event selanjutnya. Ke depannya saya akan mengganti mesin, opsi sementara menggunakan mesin turbo K10A. Dan untuk suspensi dan kaki-kaki akan disempurnakan lagi.
MESIN
Kedepannya mesin Suzuki K10A yang berteknologi turbo akan menggantikan mesin standarnya, yang jujur sudah kurang tenaga. Belum lagi usia pakai yang cukup uzur.
KAKI-KAKI
Lagi-lagi masih mengandalkan standar, mulai dari suspensi hingga penerus daya. Untuk mengail traksi, ban Savero Komodo Extreme Trekker 31x10.5-15 LT dipasang membalut pelek kaleng bawaan VES.
WINCH
Untuk piranti recovery, dipercayakan pada produk Warn yang memang teruji kehandalannya. Dipilih tipe 9.5 Ti karena dirasa cukup untuk menarik bodi Jangkrik yang tergolong imut.
INTERIOR
Untuk urusan interior, penataannya rapi dan eye catching. Panel switch mudah dijangkau, begitu pula dengan beberapa panel indikator yang mudah terpantau.
BELAKANG
Di buritan, radiator copotan Suzuki Futura dikawinkan dengan elektrik fan dari Toyota Great Corolla. Tangki bensin dicomot dari tangki mesin tempel Yanmar. Untuk mendukung kinerja kepolisian, loud speaker plus lampu rotator juga ikut disematkan.
SPESIFIKASI
Mesin : F8A OEM Jimny LJ80
Kapasitas : 800 cc
Pasokan BBM : Karburator OEM Jimny LJ80
Pengapian : CDI Porter
Radiator : Suzuki Futura
Electric Fan : Toyota Great Corolla
Girboks : OEM Jimny LJ80
Gardan : OEM Jimny LJ80
Final Gear : OEM 4,56 :1
Per : OEM Jimny LJ80
Sokbreker : Kayaba Ultra
Pelek : OEM Jimny LJ80
Ban : Savero Komodo Extreme Trekker 31x10.5-15 LT
Jok : Custom
Seatbelt : Scrotch
Winch : Warn 9.5 Ti
Indikator : Auto gauge